Asistensi Mengajar

Asistensi mengajar di satuan pendidikan merupakan salah satu program kegiatan dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan pembelajaran dalam bentuk asistensi mengajar dilakukan oleh mahasiswa prodi pendidikan IPA di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Sekolah tempat praktek mengajar dapat berada di lokasi kota/kabupaten terdekat dengan domisili mahasiswa, yang diajukan oleh mahasiswa yang bersangkutan.

Program asistensi mengajar merupakan program yang wajib diikuti oleh mahasiswa semester 7 yang tidak mengikuti program kampus mengajar (pada semester sebelumnya) dan magang penelitian MBKM (yang sedang berlangsung pada semester 7). Program ini merupakan pengganti mata kuliah KKN, PLP 2, dan KWU. Dengan demikian, mahasiswa yang mengikuti program asistensi mengajar tidak perlu mengikuti perkuliahan pada mata kuliah tersebut.

Adapun mahasiswa yang belum memenuhi SKS, belum mengikuti mata kuliah pilihan, dan belum lulus pada mata kuliah sebelumnya tetap harus mengikuti mata kuliah yang bersangkutan.
Sebagai pengganti mata kuliah KKN, PLP 2, dan KWU, program asistensi mengajar prodi pendidikan IPA disusun dengan mengintegrasikan ketiga mata kuliah tersebut pada pelaksanaannya. Mahasiswa prodi pendidikan IPA diharapkan mampu menguatkan kompetensi sebagai calon pendidik yang berkaitan dengan pengajaran serta pengadaan program yang berkaitan dengan kewirausahaan dan pengabdian kepada sekolah.

Berikut ini link untuk mengunggah persyaratan administratif pendaftaran asistensi mengajar https://bit.ly/DaftarAsmen1PIPA atau klik disini.